Imam Malik رحمه الله telah berkata : كُلُّ خَيْرٍ فِي إتِباَعِ مَنْ سَلَف وَ كُلُّ شَرٍّ فِي إبْتِداَعِ مَنْ خَلَفِ

“Setiap kebaikan adalah apa-apa yang mengikuti para pendahulu (salaf), dan setiap kejelekan adalah apa-apa yang diada-adakan orang kemudian (kholaf)"

Selasa, 05 Agustus 2014

Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBN KB ) - M A G E T AN

Bismillah.

Masih ingat kalian pelajaran bahasa indonesia saat SD dulu ? itu loh .. pelajaran mengarang, ingat toh ? yup !! disini kami ( eh, maksudnya gue ) akan mencoba mengulangi pelajaran tersebut.

Baik, disini saya atau sebut saja namanya ‘gue’ akan mendeklamasikan pengalaman ‘balik nama’ sepeda motor miliknya, panggil saja si ‘hitam’. Bagi yang belum tau, atau yang lagi gandrung sama si gamal ( galau maksimal ) :D tentang bagaimana tata cara proses balik nama kendaraan bermotor kami akan men’jelentreh’kan disini.

Oke ... disini berhubung si gue berdomisili di magetan, maka gue akan bercerita tentang yang gue ketahui. Thoyyib.

Yang pertama yang harus antum ketahui dimana letak kantor balik nama. Disini lembaga yang berwenang adalah kantor SAMSAT. Selanjutnya setelah anda tiba di TKP, saya sarankan untuk berhati-hati! Karena kejahatan terjadi bukan hanya ada niat pelaku, tapi juga ada kesempatan. WASPADALAH ! WASPADALAH ! ( ngeeeeeeeeeekkk! )
Bukannya apa apa mbloo ... si gue disini cuman sekedar ngingetin aja. Kan kalo  ente sekalian mau balik nama tentu nggak bawa uang ‘ceban’ doang toh? Makanya mesti hati hati kalo lagi di public service, terutama sama aa’ copet. Dicopetnya duit mah, sebenarnya sih nggak apa apa. Yang gue takutin itu mah, kalo yang dicopet itu hati si eneng ( ciieeeeeee..... ada yang senyum senyum sendiri ).

Yang kedua itu mbloo, kamu itu kalo bisa langsung aja deketin kendaraan kamu ke tempat ‘gesek’ atau bagian cek fisik kendaraan. Biar pas saatnya cek fisik nggak kejauhan ngambilnya. Kemudian bagi yang belum meng-kloning KTP, STNK dan BPKB silahkan menghubungi tempat fotocopy terdekat. ( garuk-garuk kepala )

Selanjutnya, langkah yang ketiga adalah setelah cek fisik mbloo. Yaitu take off ke tempat atau loket cek fisik dan ngantri ngambil formulir. Bongkar kebiasaan lama! Jangan mengaku orang indonesia kalo belum mencoba untuk antri! sehabis antum dapetin formulirnya, langkah berikutnya adalah ya mengisi formulir itu sendiri :p

Target selanjutnya bro, langkah keempat. Delivery alias mengantar berkas berkas tadi ( STNK, KTP, BPKB asli maupun kloningan disertai hasil cek fisik dan formulir dari loket cek fisik ) yang selanjutnya daftar dan antri di bagian yang ngurusi balik nama. Disini si gue nggak tau apa nama bagian itu, pokoknya daftar aja.
Setelah agan agan ngantri dan mendaftar, maka tibalah saatnya untuk tampil ke depan sang wali untuk membayar sejumlah uang sebagai mahar atau bea ganti BPKB Rp.80.000, STNK Rp. 50.000 dan TNKB Rp.30.000 ( weeeeeekkkk.....! ) nggak sampai disitu aja mbloo... loe masih ngantri untuk sekali lagi. Ckckck.. memang untuk mendapatkan dan meluluhkan hati sang do’i loe harus membutuhkan perjuangan yang keras dan kesabaran yang tinggi. ( jangan lebay woy... bacanya biasa aja keles )
Setelah bayar diatas dan ngantri, anda akan dipanggil untuk membayar pajak tahunan kendaraan anda dan bea balik nama kendaraan bermotor ( BBN KB ) sesuai tahun perakitan kendaraan penjenengan. Atau jika telah lewat jatuh tempo pembayaran, maka sebelum pembayaran bea ganti STNK dkk anda diminta terlebih dahulu membayar denda keterlambatannya. Biasanya 25% x PKB x lama keterlambatan dalam bulan : 12

Dan kini tibalah kita di penghujung acara, dimana kita akan berpisah. Mungkin kita berpisah untuk selamanya, mungkin pula kita berpisah dan tak berjumpa lagi. -_- Dan ingat, bukan perpisahan yang gue sesalkan, namun mengapa kita tidak dijodohkan. Dan, seandainya khilaf bukan termasuk dari tabiat manusia, bolehlah kau tak memaafkan gue. ( tissu...mana tissuuu...??! )

Eh, tapi sebelumnya kita bahas dulu langkah yang kelima. Disini guys, kita akan menyerahkan STNK sementara ke loket STNK. Disana STNK sementara akan disahkan oleh petugasnya. Setelah sah, anda akan diberi penjelasan kapan STNK anda jadi dan pengambilan plat nomor dan BPKB baru anda.

Thoyyib, ilaa hunaa insyaaAllooh. Sekiranya itulah hal-hal atau langkah-langkah untuk proses balik nama kendaraan bermotor dalam pembahasan ini adalah roda 2. Bilamana ada perihal yang belum dimengerti, silahkan menghubungi lembaga-lembaga yang terkait.

La’alloohu ja’alnaa min ‘ibaadi al muttaqqiina.
Wassalam ...



Magetan, 05 Agustus 2014

1 komentar: